Blibli Daur Ulang Ratusan Kilogram Limbah Tekstil

oleh -13 Dilihat
KAIN BEKAS; Tekstil atau pakaian bekas dikumpulkuan untuk didaur ulang.(Foto: istimewa)

JAKARTA, bisnisjogja.id – Industri tekstil menghadapi tantangan besar berupa limbah. Pada 2019, Indonesia menghasilkan sekitar 2,3 juta ton limbah tekstil dan kurang dari 12 persen yang berhasil didaur ulang.

Tanpa intervensi berarti, jumlah itu diprediksi melonjak hingga 3,9 juta ton pada 2030, setara berat 386 Menara Eiffel. Fakta ini menegaskan bahwa perubahan gaya hidup dan kebiasaan konsumsi perlu dimulai dari sekarang.

Sebagai langkah nyata menuju perubahan itu, Blibli Tiket Action mengajak karyawan internal berkontribusi bagi bumi yang lebih berkelanjutan melalui Fashion Take Back Program.

”Program berlangsung pada 15–29 September 2025. Karyawan Blibli yang akrab disapa Bliblioneers, mengumpulkan pakaian dan bahan tekstil yang sudah tidak terpakai untuk diolah kembali menjadi produk upcycle/daur naik,” papar Head of ESG Blibli, Ignacia Chiara Irawan, Minggu (12/10/2025).

Hasilnya, terkumpul lebih dari 240 kilogram limbah tekstil yang 80 persen berasal dari dropbox yang ada di kantor pusat Blibli Jakarta. Sisanya berasal dari seragam bekas dan material sisa operasional seperti seragam kegiatan tertentu.

Seluruh bahan akan diolah menjadi vest/rompi untuk komite dan sukarelawan di ajang Langkah Membumi Ecoground (LME) 2025 pada 8–9 November 2025 mendatang.

Industri Berkelanjutan

Ignacia menjelaskan Langkah Membumi Ecoground 2025, hadir sebagai wadah berkumpul sekaligus berkolaborasi bagi para pemangku kepentingan lintas sektor sekaligus masyarakat yang ingin hidup sehat sekaligus berkelanjutan.

”Pengunjung cukup berkontribusi mulai dari satu bibit mangrove dari Jejakin, untuk menikmati beragam aktivitas di acara,” tambahnya.

Acaranya mulai dari sesi sport and wellness di area eco motion, mengikuti berbagai eco workshop hingga menonton konser. Dengan begitu, setiap partisipasi tidak hanya memberi pengalaman, tapi juga kontribusi nyata bagi bumi.

Blibli Tiket Action merupakan payung program Environmental Social Governance (ESG) ekosistem Blibli Tiket yang terdiri atas Blibli, tiket.com, Ranch Market dan Dekoruma.

Blibli Tiket Action bertujuan menciptakan bisnis berkelanjutan dengan membawa dampak positif di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan bagi masyarakat, pelanggan, mitra serta seluruh pemangku kepentingan.

”Sebagai pelopor ekosistem perdagangan omnichannel dan platform gaya hidup di Indonesia, Blibli Tiket percaya bahwa transisi menuju ekonomi sirkular hanya dapat tercapai melalui kesadaran kolektif dan kolaborasi lintas sektor,” tandas Ignacia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.