JAKARTA, bisnisjogja.id – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 telah berakhir. Salah satu produsen mobil terkemuka, Suzuki mencatatkan hasil positif. Selain mendapatkan ribuan pengunjung setiap hari, juga memperoleh peningkatan penjualan.
Peningkatan penjualan mencapai angka 12 persen dibandingkan perhelatan yang sama tahun lalu. Hal ini menandakan daya beli masyarakat memperlihatkan peningkatan.
”Kami berhasil menembus target penjualan selama sebelas hari. Tercatat 1.705 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) berbagai model menjadi favorit pengunjung, seperti New XL7, New Carry, dan Baleno,” ungkap Dept Head 4W Sales PT SIS, Randy R Murdoko, Kamis (1/8/2024).
Ia menyatakan perusahaan merasa puas karena bisa menyediakan produk sesuai kebutuhan utama pelanggan. Lini mobil baru Suzuki tetap dipercaya membawa nilai jangka panjang bagi berbagai keperluan. Kepercayaan tersebut terbukti dengan raihan penjualan lebih tinggi dari tahun sebelumnya.
Capaian sebesar itu berasal dari tiga model kontributor terbesar, mulai dominasi New XL7 sebesar 32 persen atau sebanyak 551 unit. Jumlah tersebut juga termasuk varian terlaris seperti hybrid. SUV tersebut memposisikan dirinya sebagai mobil petualangan berkapasitas tujuh penumpang paling nyaman di kelasnya.
Raja Pick-Up
Setelah itu, ada Rajanya Pick-Up yaitu New Carry yang menyumbang 23 persen penjualan, atau 390 unit. Kendaraan komersial ringan seperti New Carry mampu memberi keuntungan usaha melalui kehematan dan kemudahan operasionalnya.
Randy memberi contoh selama pameran GIIAS 2024, Suzuki Indonesia turut menampilkan inspirasi Coffee Truck dan Mobile Charging berbasis New Carry. Nama besar Carry sejak lama telah menjadi bagian dari penggerak ekonomi dan bisnis rakyat.
”Mobil baru Suzuki lainnya yang tidak kalah laris adalah Baleno. Hatchback stylish ini digemari 18 persen pembeli di booth Suzuki Indonesia, setara dengan 304 unit terjual di satu lokasi dalam waktu sebelas hari,” imbuhnya.
Gerai Suzuki Indonesia di GIIAS mendapat banyak kunjungan karena pelayanan pramuniaga informatif, dealing area nyaman, kids corner menyenangkan bagi anak, serta permainan interaktif. Ada pula kehadiran bintang utama yaitu konsep mobil listrik, yaitu eVX, yang untuk pertama kalinya hadir di Indonesia.