Jogja Coffee Week #5 Targetkan 30.000 Pengunjung

oleh -86 Dilihat
Ketua Panitia JCW #5, R Rahadi Saptata Abra SSi MBA.(Foto: Y Sri Susilo)

JOGJA, bisnisjogja.id – Penggemar dan pelaku usaha kopi bakal bertemu dalam ajang terbesar di Indonesia, Jogja Coffee Week #5. Sebanyak 30.000 pengunjung dari seluruh Indonesia termasuk luar negeri akan hadir di Jogja Expo Center.

Ketua Organizing Committee JCW #5, R Rahadi Saptata Abra SSi MBA mengungkapkan acara kali ini mengambil tema ”Journey to the Brew” berlangsung 5–7 September 2025 di Hall B dan C, JEC Yogyakarta.

”Jogja Coffee Week #5 diselenggarakan oleh PT Medialink Internasional bersama Mahaka Attraction, dengan dukungan penuh dari Kadin Indonesia, Kadin DIY, Pemda DIY, ASKI, JEC, dan media partner utama TVOne,” papar Abra, Rabu (21/5/2025).

Ia mengatakan JCW #5 bertujuan mendorong pertumbuhan industri kopi dari hulu hingga hilir, mulai petani, UMKM, hingga perusahaan pemilik merek ternama.

Selain mempercepat pemulihan ekonomi nasional, JCW #5 juga dapat membuka peluang ekspor kopi Indonesia ke pasar global yang terus berkembang, sekaligus memperkuat ekosistem bisnis dan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata.

Industri Dinamis

Abra menjelaskan JCW merupakan bukti nyata industri kopi Indonesia sangat dinamis dan terus berkembang. Ia ingin memberikan wadah yang tak hanya berskala nasional, tetapi juga membuka peluang internasional.

”Kopi adalah salah satu kekuatan budaya dan ekonomi Indonesia. JCW #5 merupakan momen tepat untuk memperkuat kolaborasi, promosi, serta inovasi dari seluruh sektor industri kopi,” tambah Ketua Umum Kadin DIY, GKR Mangkubumi.

NARASUMBER KOPI: Ketua Organizing Committee JCW #5, R Rahadi Saptata Abra SSi MBA bersama sejumlah narasumber menyampaikan paparan ajang kopi terbesar di Indonesia.(Foto: Priyo Wicaksono)

Kecuali ekspo, pada gelaran kali ini juga berlangsung tujuh kompetisi tingkat nasional, mulai Green Bean Competition yang menjadi unggulan dan ditampilkan di Paviliun Indonesia Coffee Showcase, lengkap dengan sesi cup taster gratis.

Green bean yang lolos tahap penilaian akan ikut dalam lelang dengan melibatkan para buyer kopi. Kompetisi bergengsi lainnya Brewers Competition, Cup Taster Competition, Barista Innovation Challenge, Fun Roasting Competition dan Latte Art Competition.

Panitia menyediakan 150 gerai pameran dari berbagai sektor dalam skema B2B dan B2C melalui zonasi tematik, antara lain Roastery, Coffeeshop, Tools-Machinery & Packaging, Coffee Pairing, Milk, Flavours & Essences, Street Coffee, IoT, Innovation.

Ada pula Coffee Tourism, Government & Financial Institutions, Tea & Chocolate, Wellness, Pastry, Herbs, Traditional Food, Coffee Related Industry, dan area Food & Beverage.

Edukasi Kopi

Agenda JCW #5 makin lengkap dan semarak dengan sesi CoffeeTalk & Workshop edukatif bersama para ahli, barista, roaster, dan pelaku industri serta Coffeetainment yang menghadirkan pertunjukan musik dan seni tari.

”Tak hanya menjadi ajang promosi dan penjualan, JCW #5 juga menjadi sarana edukasi, ekspansi jejaring bisnis, serta eksplorasi tren dan inovasi terbaru di industri kopi nasional,” tandas Abra.

Ia berharap JCW dapat turut mendorong percepatan ekspor, peningkatan kualitas SDM, serta memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu penghasil kopi terbaik dunia.

Informasi lebih lanjut, pendaftaran peserta, dan kerja sama sponsorship, dapat menghubungi 082332037178.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.