Sektor UMKM Paling Banyak Gunakan Suzuki New Carry

oleh -146 Dilihat
Ilustrasi Suzuki New Carry.(Foto: istimewa)

JAKARTA, bisnisjogja.id – Suzuki New Carry menjadi salah satu penyumbang penjualan terbesar bagi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Menutup bulan Mei 2025 lalu, mobil niaga ringan ini menguasai 55,47 persen dari total penjualan ritel mobil Suzuki.

Kekuatan tersebut turut didasari pengalaman, kepuasan, dan kepercayaan pelanggan terhadap figur kendaraan yang telah setia dan konsisten menemani bidang usaha sejak lebih dari 40 tahun. Sektor UMKM memberikan kontribusi kuat terhadap peningkatan tersebut.

”Aktivitas distribusi usaha menengah, kecil dan mikro yang semakin intensif membutuhkan armada bisnis handal dan mumpuni. Pergerakan itu turut kami rasakan, melalui pemesanan New Carry yang meningkat 21 persen dibanding bulan April pada berbagai jaringan outlet Suzuki,” papar Dept Head of 4W Sales PT SIS, Randy R Murdoko.

Berdasarkan wilayah, Jabodetabek tercatat sebagai kontributor terbesar penjualan New Carry, terutama dari sektor perdagangan dan jasa. Kendaraan ini untuk berbagai kebutuhan niaga, seperti distribusi barang, logistik harian, hingga pengangkutan bahan pangan.

Di sisi lain, di wilayah Bali juga mengalami peningkatan permintaan untuk memenuhi kebutuhan sektor pariwisata, hotel, dan restoran.

Jawa Timur menonjol lewat aktivitas perdagangan antar wilayah yang padat, dengan New Carry menjadi mitra andalan para pelaku usaha mikro dan menengah di area urban maupun sub-urban.

Pelaku Usaha

Randy mengungkapkan dari sisi demografi, mayoritas pembeli New Carry adalah pelaku usaha menengah yang mengandalkan kendaraan untuk kegiatan operasional harian.

Sebagian besar berasal dari sektor perdagangan, seperti distributor bahan bangunan, makanan dan kebutuhan pokok, serta sektor jasa seperti logistik, antar-jemput barang, hingga servis keliling.

Para pelaku usaha membutuhkan angkutan barang ringan yang tidak hanya kuat, tetapi juga efisien dan praktis dari segi perawatannya.

”Kami melihat tren pertumbuhan kendaraan usaha kecil akan terus berlanjut seiring meningkatnya kebutuhan distribusi di berbagai sektor usaha. New Carry merupakan pilihan utama pelaku usaha untuk menjalankan rutinitas distribusi mereka, dengan kelebihan seperti daya angkut besar, konsumsi BBM efisien, dan biaya perawatan yang ramah bagi operasional bisnis,” paparnya.

Suzuki selalu mendukung penjualan sekaligus memberikan nilai tambah bagi konsumen. Perusahaan menghadirkan program pembelian menarik untuk setiap pembelian New Carry dengan promosi berupa bonus dua ban gratis serta E-Money senilai Rp 1.000.000 setiap unit pembelian.

”Melalui penawaran ini, Suzuki semakin memantapkan komitmennya dalam mendukung roda ekonomi masyarakat, terutama para pelaku usaha yang menjadi motor penggerak lapangan,” tandas Randy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.