Selain menawarkan desain menawan, Suzuki Fronx juga berhasil memikat konsumen cerdas berkat keunggulan teknologi hybrid. Terbukti, 89 persen dari unit yang terjual merupakan model hybrid, menggambarkan berlangsungnya kesadaran publik akan pentingnya efisiensi bahan bakar dan dampak lingkungan.
JOGJA, bisnisjogja.id – Suzuki mengawali paruh kedua 2025 dengan kesuksesan penjualan varian terbarunya, Fronx. Mobil ini menjadi bintang baru yang memicu lonjakan penjualan pasar otomotif nasional.
Hanya tiga bulan sejak peluncurannya, SUV bergaya coupe tersebut langsung membuktikan dominasi pada segmennya. Kinerja Suzuki Fronx berbicara lantang menyumbang 28 persen dari total penjualan ritel Suzuki dan menguasai segmen mobil penumpang dengan porsi 47 persen.
”Hal itu menunjukkan model tersebut tidak hanya sekadar produk baru, tetapi juga menjadi salah satu pilar utama dalam strategi penjualan Suzuki di Indonesia,” ungkap Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Randy R Murdoko.
Selain menawarkan desain menawan, Suzuki Fronx juga berhasil memikat konsumen cerdas berkat keunggulan teknologi hybrid. Terbukti, 89 persen dari unit yang terjual merupakan model hybrid, menggambarkan berlangsungnya kesadaran publik akan pentingnya efisiensi bahan bakar dan dampak lingkungan.
Dalam waktu singkat, Suzuki Fronx langsung menjadi motor penggerak utama penjualan keseluruhan hybrid Suzuki, memimpin dengan porsi 62 persen.
Randy menjelaskan, pencapaian penjualan ritel Suzuki bulan Juli lalu menjadi bukti nyata dari strategi produk yang tepat sasaran dan keberanian menghadirkan inovasi. Ini sekaligus membuktikan perusahaan tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga memimpin.
Penjualan Terbesar
Keberhasilan Suzuki Fronx juga mencuat di ajang GIIAS 2025 sebagai penyumbang penjualan terbesar Suzuki dengan porsi 38 persen dari total unit terjual.
Prestasi tersebut kian lengkap lewat raihan penghargaan Favorite Passenger Car Crossover, yang menjadi validasi langsung dari apresiasi konsumen. Penghargaan menjadi kebanggaan bagi Suzuki, sekaligus menunjukkan bahwa konsumen menghargai inovasi dan kualitas.
Menurut Randy, dorongan kuat dari Suzuki Fronx, total penjualan ritel Suzuki naik 20 persen dari bulan sebelumnya, menembus batas di atas 5.500 unit.
Selain itu, pertumbuhan juga dirasakan pada berbagai lini produk. Kategori mobil penumpang melonjak 17 persen, sehingga sanggup membulatkan kontribusi sebesar 60 persen secara keseluruhan.
Sementara kategori mobil komersial turut meroket 26 persen lewat kepercayaan konsumen terhadap performa tangguh New Carry. Kombinasi tersebut semakin memperkuat posisi Suzuki, menempati peringkat tiga besar di pasar otomotif nasional pada periode Juli 2025.
Ramah Lingkungan
”Sejalan dengan komitmen Suzuki menuju netralitas karbon melalui strategi multi-pathway, kinerja kendaraan ramah lingkungan semakin menonjol,” tandas Randy.
Sepanjang Juli 2025, model hybrid menyumbang 68 persen dari total penjualan ritel segmen mobil penumpang Suzuki. Angka tersebut mencerminkan kepercayaan konsumen terhadap teknologi ramah lingkungan Suzuki yang menghadirkan efisiensi bahan bakar signifikan tanpa mengorbankan performa.
Dengan laju pertumbuhan konsisten, Suzuki optimis mampu mempertahankan tren positif pada sisa tahun 2025. Fokus pada pengembangan kendaraan ramah lingkungan, penawaran produk yang beragam, serta layanan purna jual semakin baik akan menjadi strategi utama untuk memperkuat posisi Suzuki di Indonesia.
”Kami akan terus memperluas pendekatan kepada masyarakat, serta menyediakan benefit penjualan sesuai kebutuhan konsumen di seluruh Indonesia. Langkah tersebut akan berjalan beriringan dengan semangat mempopulerkan kendaraan lebih ramah lingkungan,” paparnya.