Dorong UMKM Masuk Rantai Pasok Bisnis Nasional

oleh -453 Dilihat
TERIMA PENGHARGAAN: Para penerima penghargaan pada PaDi (Pasar Digital) UMKM Expo & Conference 2024.(Foto: istimewa)

JAKARTA , bisnisjogja.id – Produk UMKM dapat terlibat dalam kegiatan operasional bisnis nasional. Mereka bersama pelaku usaha lain bisa menjadi bagian dari rantai pasok perusahaan.

Direktur Supply Chain PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Yosviandri mengungkapkan perusahannya terus memperkuat komitmen mengoptimalkan penggunaan produk anak bangsa pada operasional bisnis dengan melibatkan industri dalam negeri.

”Komitmen tersebut terkonfirmasi dalam kegiatan PaDi (Pasar Digital) UMKM Expo & Conference 2024 dan SIG mendapat anugerah lima penghargaan pada kegiatan tersebut,” ujar Yosviandri, Senin (2/9/2024).

Penyerapan produk dalam negeri menjadikan SIG menerima lima penghargaan PaDi UMKM Expo & Conference Award 2024. Penghargaannya yakni Peringkat 1 BUMN Tipe B kategori Buyer Group dengan Frekuensi Transaksi Terbanyak.

Peringkat 1 BUMN Tipe B kategori Buyer Group dengan Volume Transaksi Terbanyak, Peringkat 1 BUMN Tipe B kategori BUMN dengan Frekuensi Transaksi Tertinggi, Peringkat 1 BUMN Tipe B kategori BUMN dengan Volume Transaksi Terbanyak. Terakhir, penghargaan Best of The Best BUMN Tipe B.

Dukung Pemasaran

Yosviandri menjelaskan PaDi UMKM Expo & Conference merupakan inisiasi Kementerian BUMN sebagai upaya mendukung pemasaran produk-produk UMKM. Kecuali itu, langkah strategis menciptakan ekosistem bagi UMKM untuk bertumbuh secara berkelanjutan.

PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 berlangsung secara hybrid pada lokasi yaitu Gedung Sarinah Jakarta pada 11-14 Juli 2024, dan di e-Walk Plaza Balikpapan pada 18-21 Juli 2024. Secara online dapat diakses melalui aplikasi PaDi UMKM atau website www.padiumkm.id pada 11 Juli-10 Agustus 2024.

”Kami mengapresiasi Kementerian BUMN atas inisiasi penyelenggaraan PaDi UMKM Expo & Conference 2024 yang menjadi wadah bertemunya pegiat UMKM dan perusahaan BUMN. Ini untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan penjualan produk UMKM,” papar Yosviandri.

Ia menambahkan, SIG mencatatkan 111 transaksi dengan total nilai mencapai Rp 5,132 miliar untuk belanja produk UMKM melalui aplikasi PaDi UMKM selama penyelenggaraan PaDi UMKM Expo & Conference 2024 secara online pada 11 Juli-10 Agustus 2024.

Adapun jenis produk yang dibelanjakan antara lain merchandise, sparepart pabrik, infrastruktur ICT (information and communication technology), alat tulis kantor, event organizer, dan kalender.

”Penghargaan menjadi bukti nyata keberpihakan SIG pada industri dalam negeri, khususnya UMKM yang menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia. Kami berkomitmen mengoptimalkan penggunaan produk UMKM dalam operasional bisnis perusahaan untuk mendukung pengembangan dan kemajuan UMKM,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.